Kegiatan ini merupakan Outing Class Virtual yang diperuntukkan Siswa-siswi kelas 8 SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK yang diselenggarakan oleh Kesiswaan SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK dengan Tema Mapel Bahasa Inggris yaitu “ Telling Past Event (Recount Text)”. Yang bertujuan untuk mempermudah Siswa dalam pemahaman Materi dengan melihat realita ataupun kegiatan yang sesungguhnya. Kegiatan ini dilaksanakn oleh 4 orang bapak ibu guru, dan salah satu guru berperan sebagai Guru Model Yaitu Ibu Syarah Niken Asmara, S.Pd atau akrab disapa dengan panggilan Bu Niken.

Jadi Bu Niken selaku guru model melakukan suatu kegiatan yang ada di Kota Solo. Dalam melaksanakan perjalanan di kota Solo, Bu Niken memilih alat Transportasi BST (Batik Solo Trans) yang menjadi alat transportasi untuk warga Solo dan sekitarnya kemudian banyak manfaat dan keuntungan dalam menggunakan jasa transportasi BST, dari Bus nya yang nyaman sampai tersedianya Halte yang banyak sehingga Ketika dalam perjalanan di Kota Solo kita tidak perlu khawatir jika mau turun dan naik Bus sewaktu-waktu.

Perjalanan Bu Niken diawali dari Gumpang. Di Halte Gumpang Bu Niken mulai naik Bus dan melakukan perjalanan menuju Singosaren disana tempat yang dikunjungi adalah Pasar Triwindu yang disana menjual berbagai jenis barang-barang antik di Kota Solo. Berlokasi di Jalan Diponegoro, Solo. Berbagai barang antik dijual di sini mulai patung kayu dan batu, radio, uang kuno, senjata kuno, peralatan rumah tangga, wayang, jam dinding dan masih banyak lagi. Menarik berkunjung ke Pasar Triwindu, seakan-akan pengunjung menujui lorong waktu dan kembali ke masa lalu, melihat berbagai barang tradisional seperti cangkir, telepon tua, mesin ketik, radio dan masih banyak lagi. Disana Bu niken melakukan kegiatan melihat barang-barang yang ada disana sampai dengan membeli barang antic untuk koleksi pribadi.

Kemudian setelah di pasar Triwindu lanjut perjalanan menggunakan BST ke Gladak yaitu alun-alun utara yang dituju, yang dikunjungi adalah optik kacamata serta pusat buku dan majalah yang berada di area Alun-alun Utara dengan berjalan kaki. Setelah itu Bu niken melanjutkan perjalanan ke Pasar Gede dengan berjalan kaki sambil menikmati keindahan Kota Solo.

Sampai akhirnya ke tujuan akhir yaitu Pasar gede. Disana Bu niken menyusuri pasar yng pastinya banyak orang yang berjualan, dari sayur dan buah sampai makanan serta minuman khas yang ada disana. Nah, disana Bu Niken tertarik mencoba Kuliner yang ada di Pasar Gede. Dan tertuju di Dawet Telasih Bu Dermi yang merupakan kuliner legend turun temurun dan bisa bertahan dri generasi ke generasi.Memang cabang nya sudah banyak di kota solo, akan tetapi jika kita menikmatinya langsung di Pasar Gede pasti nikmatnya berbeda. Selain Minuman, ada makanan khas juga yang ada di pasar Gede yaitu LEJONGAN yaitu ada Tiwul,getuk, Kelopon, cenil, Jenang, Wajik, Brambang Asem. Dan masih banyak lagi.

Nah, setelah puas mengunjungi dan menikmati kuliner khas yang ada di Pasar Gede Bu Niken keluar dari pasar, kemudian berjalan menuju Halte di area Pasar Gede lalu melakukan perjalanan pulang menuju Gumpang dengan Transportasi BST.

Jadi Sesuai Tema Outing Class yaitu “Telling Past Event (Recount Text)”, yang artinya menceritakan Kembali kejadian masa lampau, berarti kejadian yang sudah terjadi. Disini kejadian yang sudah terjadi ialah kegiatan perjalanan Bu Niken di kota solo tersebut. Semoga kegiatan Outing Class virtual ini dapat bermanfaat serta mempermudah pemahaman siswa terhadap materi dengan melihat realita ataupun kegiatan yang sesungguhnya.