SUKOHARJO-Alhamdulillahirabbil’alamiin.. Pada hari Senin, 19 Februari 2024 siswa-siswi SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK telah melaksanakan kegiatan outing class di Desa Wisata Rotan, Trangsan. Outing class merupakan salah satu kegiatan belajar sambil bermain untuk memberikan pengalaman baru dan menarik pada siswa SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK, kegiatan ini diadakan dengan tujuan agar anak mampu mengambil pelajaran dari kegiatan yang dilakukan diluar sekolah.

Kegiatan ini diawali dengan sholat dhuha bersama dan pengarahan dari Bapak Muhammad Rifqi Nugroho, M.Pd. selaku Kepala SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus. Setelah selesai kegiatan pagi bersama, siswa sangat bersemangat untuk segera menaiki kereta kelinci menuju destinasi yang mereka nantikan. Perjalanan diisi dengan tawa dan riang gembira sehingga terasa singkat.

Setelah tiba di lokasi, siswa-siswi disambut dengan ikon bola rotan yang sangat besar. Tidak hanya sebagai tempat wisata, lokasi ini juga dikenal sebagai sentra pengrajin rotan yang sangat terkenal dan hasilnya dieskpor ke berbagai negara luar. Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh koordinator Desa Wisata Trangsan dan Bapak Muhamad Wahyu Purnama Putra, S.Pd. selaku perwakilan dari pendamping siswa selama berkegiatan, dan dilanjutkan dengan pemaparan tentang berbagai jenis rotan, dan teknik dasar dalam pembuatannya.

Kemudian, siswa-siswi kembali naik kereta kelinci dan diajak berkeliling ke rumah produksi rotan. Disana siswa-siswi diperlihatkan proses pembuatan furniture rotan dari mulai pengovenan hingga finishing. Para siswa sangat antusias mendengarkan dan mencatat apa yang dijelaskan.

   Setelah selesai berkeliling, siswa kembali menuju ke Lokasi Balai Desa Wisata Rotan, Trangsan. Disana siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk praktek menganyam rotan yang akan dipandu oleh pengrajin professional. Siswa mulai berkreasi dengan anyamannya, diantara mereka ada yang membuat keranjang buah, tempat pensil dan piring. Mereka sangat fokus dalam menyelesaikan kerajinannya, hingga tidak terasa waktu sudah menunjukan pukul 11.00 WIB dan sudah waktunya untuk kembali ke sekolah.

   Para siswa meninggalkan lokasi dengan penuh gembira karena, tidak hanya pengalaman baru yang mereka dapatkan, mereka juga membawa pulang hasil karya mereka sendiri. Setelah kegiatan outing class selesai, siswa wajib mengumpulkan tugas yang diberikan selama kegiatan berlangsung, yaitu membuat kesimpulan dari apa yang mereka lihat dan lakukan.