Peringatan Milad selalu menjadi momen istimewa bagi keluarga besar SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura. Di setiap tahunnya SMP Alkautsar selalu punya cara unik dalam merayakan hari lahirnya. Apalagi di tahun ini, masih dalam  pandemi Covid-19, peringatan milad berbeda dengan dua tahun lalu. Pekan Milad yang bertajuk “Aktualisasi Diri Menuju Generasi yang Berkarakter dan Berkemajuan” ini  dilaksanakan selama satu pekan mulai dari tanggal 1 hingga 6 November 2021, karena diberlakukannya Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT), kegiatan dimulai pukul 07.30 – 10.30 WIB dengan 50% kapasitas siswa yang masuk ke sekolah.

Seluruh siswa dan bapak ibu guru mengikuti apel bersama di hari Senin, kemudian dilanjutkan sambutan dari Bapak Mujibuddakwah, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Al-Kautsar. “Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan bagi warga sekolah. Rangkaian perlombaan yang diadakan silakan diikuti dengan sebaik-baiknya dan silahkan berkreasi semaksimal mungkin. Kegiatan ini tentunya dapat menghibur kita semuanya setelah satu tahun lebih tidak ada kegiatan dikarenakan adanya pandemi Covid-19.” ujar Pak Mujib. Di akhir sambutannya Pak Mujib menendang bola sebagai simbol pembukaan Pekan Milad Ke-12 SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura.

Jenis lomba pada pekan Milad tahun ini diantaranya futsal, master chef, tarik tambang, pentas seni siswa dan menghias kelas. Cabang lomba yang pertama dalam pekan milad ini adalah lomba futsal yang diadakan tanggal 1-3 November 2021 dibagi menjadi 11 pertandingan, di hari pertama ada 4 pertandingan, hari kedua ada 4 pertandingan, di hari ketiga ada 3 pertandingan. Selama pertandingan futsal dipimpin oleh wasit pak Amar selaku guru Penjaskes di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK dan dikomentatori oleh Pak Iffan guru IPS di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK. Dilaksanakan 2×8 menit. Pak Amar selaku Wasit berharap semua pemain bisa menunjukkan kualitas terbaiknya serta bermain lepas tentunya mengutamakan FairPlay.

Banyak kejadian yang tidak terduga selama berlangsungnya pertandingan futsal, dari sepatu pemain yang lepas sampai dengan pemain sempat tersulut emosi saat pertandingan berlangsung. Akan tetapi semua memahami, bahwa di dalam lapangan “kita lawan di luar lapangan kita tetap kawan”. Jadi setelah pertandingan selesai, tim satu dengan tim yang lain akan berjabat tangan sebagai tanda FairPlay. Setelah melalui babak penyisihan sampai akhirnya semifinal, dan Final akhirnya untuk juara sudah bisa ditentukan. Untuk juara 3 adalah kelas 7 KBHK, juara 2 adalah kelas 9 Ahmad Dahlan, juara 1 adalah kelas 8 Hisyam.

Kedua, Master Chef. Sebuah ajang lomba antar kelas yang bertujuan untuk menunjukkan keahlian atau soft skill para siswa dibidang tata boga. Lomba Master Chef pada Pekan Milad ke-12 kali ini mengangkat tema “Menghias Tumpeng” pada hari Rabu 3 November 2021. Menghias tumpeng dimulai tepat pada pukul 09.00 hingga pukul 10.00 pagi. Lomba menghias tumpeng kali ini memiliki lima kriteria penilaian di antaranya; kelengkapan isi dari nasi tumpeng. kerapian dari nasi tumpeng, komposisi tumpeng, keindahan & kreativitas hiasan tumpeng, dan kebersihan. Juara pertama pada lomba menghias tumpeng Pekan Milad ke-12 ini diraih oleh kelas 7 AR. Fachruddin, sedangkan juara kedua oleh kelas 9 AR. Sutan Mansur, dan diperingkat ketiga ditempati oleh kelas 9 Ahmad Badawi.

Adanya Lomba Master Chef diharapkan dapat mengasahkan ketrampilan siswa-siswi SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK. Ketrampilan dalam bidang tata boga, khususnya seni menyajikan dan menghias sebuah hidangan. Adapun Tumpeng digunakan sebagai salah satu sajian yang menggambarkan perayaan baik dalam hal kelahiran maupun suka cita. Dengan demikian, diharapkan siswa-siswi SMP Muhammadiyah Al-kautsar PK dapat lebih mengenal kuliner-kuliner dengan kearifan lokal.

Ketiga, lomba tarik tambang. Aturan main tarik tambang ini relatif adil untuk semua siswa meskipun berbeda jenjang. Acuan tim tiap kelas adalah total berat badan maksimal 300 kg yang terdiri dari 5-6 peserta. Pemenang dalam lomba ini adalah Kelas 8B Faqih Usman sebagai juara 1, kemudian kelas 9C Jendral Soedirman sebagai juara kedua, dan Juara ketiga diraih oleh kelas 7A AR Fachrudin.

Keempat, Pentas seni. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yang bertujuan agar siswa dapat menyalurkan bakat, khususnya di bidang seni. Pada hari Kamis ada 5 penampilan yaitu kelas 8 Hisyam menampilkan Vocal Grup, kelas 7 Buya Hamka menampilkan Tari Tradisional Kontemporer, 7 KBHK menampilkan Vocal Grup, 9 Ahmad Badawi menampilkan Tari Tradisional, dan kelas 8 Ibrahim menampilkan Vocal Grup.

Sedangkan pada hari Jumat, lomba pensi dimulai jam 07.30. Ada 6 peserta yang tampil dan tentunya tidak kalah spektakuler dari hari sebelumnya, di antaranya kelas 7 ARF menampilkan Vocal Grup, kelas 9 Jendral Soedirman menampilkan Seni TS, kelas 9 ARSM menampilkan Vocal Grup, kelas 8 Mas Mansur menampilkan Drama Musikal, kelas 8 Faqih Usman menampilkan Vocal grub, dan diakhir ada penampilan dari kelas 9 Ahmad Dahlan yang menampilkan Vocal grup.

Pemenang dalam lomba Pentas seni ini adalah Kelas 7 Buya Hamka sebagai juara 1 yang menampilkan Tari Tradisional Kontemporer Manuk Dadali, kelas 7 ARF sebagai juara 2 yang menampilkan Vocal Grup dengan judul Berani Bermimpi-Naura, sedangkan juara 3 jatuh pada kelas 9 Ahmad Dahlan yang menampilkan Vocal Grup dengan judul Aisyah Istri Rasulullah (versi alkapro). Pentas seni selama dua hari ini berjalan lancar dan siswa Alkapro juga sangat terlibur dengan berbagai penampilan dari semua kelas.

Cabang lomba kelima dalam kegiatan pekan milad ini adalah lomba menghias kelas. Kegiatan menghias kelas ini bertujuan membangun keakraban dan kerja sama antar siswa siswi yang selama kurang lebih 2 tahun belajar dari rumah. Menghias kelas dilaksanakan dari hari Senin sampai dengan Jumat  tanggal 1-5 November 2021. Penilaian menghias kelas meliputi keindahan, kebersihan, kelengkapan administrasi kelas dan kerapihan.

Kegiatan menghias kelas ini dilaksanakan dengan antusias oleh siswa dan siswi kelas VII, VIII, dan IX. Mereka menyiapkan alat dan bahan yang begitu menarik untuk memperindah kelas. Konsep yang diusung setiap kelas pun sangat menarik, ada yang berkonsep under water, garden, islamic, padang pasir, dan seni tradisional wayang. Anak-anak saling bekerja sama dalam mewujudkan konsep tersebut di dalam kelas. Tidak lupa anak-anak juga membersihkan kelas dan menata sedemikian rupa agar kelas terlihat bersih, indah, rapi, dan wangi.

Setelah selama lima hari berlangsung kegiatan menghias kelas berakhir pada hari Jumat pukul 10.30 WIB. Kondisi kelas harus steril pada saat itu juga dan siap dinilai oleh dewan juri. Dewan juri menghias kelas adalah Bp. Fauzi Nugroho, S.Pd.I dan Ibu Desi Yulihapsari, S.Pd. Beliau berdua berkeliling dari kelas VII AR. Fachrudin, Ki Bagus Hadi Kusumo dan Buya Hamka, dilanjutkan ke kelas VIII Mas Mansur, Faqih Usman, Ibrahim dan Hisyam kemudian diakhiri dengan kelas IX Ahmad Dahlan, Jenderal Soedirman, AR. Sutan Mansur dan Ahmad Badawi. Dari penilaian dewan juri maka didapatlah juara menghias kelas dalam rangka Milad SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK ke 12 yakni juara 1 kelas VII AR. Fachrudin, juara 2 kelas VIII Hisyam, dan juara ke 3 kelas VII Buya Hamka.

Di hari Sabtu, dilaksanakan kegiatan penutupan Pekan Milad. Setelah acara dibuka, ada beberapa penampilan dari Bapak Ibu guru dan siswa. Pada kesempatan itu juga diumumkan siswa yang meraih predikat sebagai “Students of The Month”, dilanjutkan launching ALKAZIS dan ALKA Bank. Di akhir acara, ditutup dengan penyerahan hadiah perlombaan Pekan Milad dan pembagian doorprize.

Kegiatan Pekan Milad ke-12 ini terlaksana dengan lancar. Dengan diadakannya perlombaan antar kelas diharapkan dapat meningkatkan rasa persaudaraan antar siswa. Semoga SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK semakin jaya serta menjadi sekolah Islam yang modern dan berkemajuan.