Memperingati Maulid Nabi Muhammad ﷺ , SMP Muhammadiyah Al-Kautar PK Kartasura menggelar kajian dengan tema “Generasi Milenial yang dirindukan Rasulullah ﷺ” pada Rabu (27/10/2021) di Islamic Centre Karanganyar. Kajian tersebut ditayangkan pada akun Youtube SMP Muhammadiyah Al-Kautar PK yaitu AL-KAPRO TV.

Kegiatan ini bukan saja sebagai wadah silaturahmi, tetapi juga ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadzah Nur Fitri Fathimah, Kepala sekolah termuda di SD Muhammadiyah Karanganyar. Kegiatan ini di agendakan setiap tahun untuk menambah kecintaan dan mencontoh akhlak Nabi Muhammad ﷺ. Selain itu, agar anak muda di era milenial tidak terkontaminasi oleh perkembangan zaman dan tidak melupakan bagaimana sikap serta perilaku Rasulullah di zamannya. Banyak hal yang disampaikan oleh beliau, salah satunya adalah di zaman sekarang banyak orang khususnya anak muda yang menggunakan gawaiHal tersebut dapat mengantarkan kita ke surga atau neraka tergantung iman dan bagaimana kita menggunakannya dengan bijak. Seperti solusi menjadi remaja bagi kita yang sedang berada di era milenial saat ini. Bagaimana kita sebaiknya hidup di era ini dengan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Pada pembukaan ceramahnya, Ustadzah Fitri mengajak seluruh audiens untuk  shalawat dan juga mengingatkan anak-anak tentang kelahiran Nabi guna sebagai pembangkit semangat siswa-siswa milenial. “Era Rasulullah ﷺ sudah terpaut jauh dengan generasi milenial. Namun keteladanan Rasulullah masih bisa dijadikan panutan hingga saat ini”, ungkap Ustadzah Fitri penuh semangat.

Ustadzah Nur Afif selaku moderator yang membuat suasana semakin menarik dan meriah. ”Inilah gunanya kita meneladani Rasul, sebagaimana sikap dan cara berlaku nabi muhammad, harus bijak dan rasa suka itu jadikan motivasi agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah,” ujar beliau. Ustadzah Fitri juga menambahkan, agar meneladani sifat Nabi yaitu mulai dari Shidiq, Fathanah, Amanah, dan Tabligh.

Terdapat banyak ilmu dari acara ini terutama bagaimana menjadi anak muda yang bermanfaat dan bermoral di era milenial. “Ceramah yang disampaikan Ustadzah Fitri sangat sesuai dengan kehidupan yang ada di era millenial ini. Semua anak muda harus memberi perhatian lebih terhadap agamanya sendiri karena di era milenial ini kita harus bisa menjadi anak muda yang bermanfaat dan bermoral baik”. Penyunting : Ayundy