Siswa sebagai agent of change kepemimpinan harus memiliki kemampuan akademis leadershipsocial skills dan akhlak yang mulia. Keempat point tersebut merupakan  hal yang saling terkait dan esensial untuk dimiliki oleh siswa sebagai calon-calon pemimpin. Siswa juga perlu mempersiapkan diri dengan baik, perlu menempa secara periodik untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas diri agar menjadi cukup mumpuni dalam mengemban amanah yang diharapkan oleh lingkungan masyarakat. Oleh karena itu kesiswaan SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK  perlu mengadakan suatu kegiatan diklat organisasi . Khususnya adalah organisasi Hizbul Wathan dan Tapak Suci, guna membentuk pribadi siswa yang berkarakter dan mampu berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik dan bisa diandalkan.

Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh siswa kelas 7 dan 8. Diklat Tapak Suci dilaksanakan pada hari Kamis, Jumat, dan Senin tanggal 9,10, dan 13 Desember 2021 sedangkan Diklat Hizbul Wathan pada hari Senin, Selasa, Rabu tanggal tanggal 20, 21, dan 22 Desember 2021.

Akhir kata melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat lebih mengetahui tentang organisasi sekolah yaitu TS dan HW, memiliki kecakapan dan mengambil manfaat untuk mampu memajukan organisasi yang dimiliki Muhammadiyah. Terutamanya tentang semangat kepemimpinan dan ketrampilan untuk memperoleh masa depan yang lebih baik.