Sabtu-Minggu, 22-23 Januari 2022 SMP Muhammadiyah Alkautsar PK mengadakan Diklat Pengurus Organisasi. Kegiatan ini dikuti oleh siswa-siswi kelas 7 dan 8 SMP Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus yang tergabung menjadi pengurus Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Hizbul Wathan (HW) dan Tapak Suci Putra Muhammadiyah (TS). Kegiatan yang dimulai dari jam 15.00 sampai 07.30 ini bertujuan untuk membangun jiwa kepemimpinan (leadhership) dan kecakapan tentang organisasi IPM, HW dan TS. Selain itu agar bisa memberikan semangat untuk menghidupkan organisasi Muhammadiyah dan juga kaderisasi.

Kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan games outdoor yang dipandu oleh Pak Rochmad Wahyu, salah satu guru SMP Muhammadiyah Alkautsar PK. Dengan adanya games ini harapannya bisa menyatukan chemistry antar anggota organisasi dan menjadikan anggota pengurus semakin kompak. Pukul 19.30 dilanjutkan sesi musyawarah anggota. Dalam sesi ini anggota pengurus tiap organisasi membahas dan mendiskusikan program kerja selama satu tahun kedepan. Musyawarah Anggota Organisasi Hizbul Wathan dan Tapak Suci dipandu oleh Bu Desi. Sedangkan Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah dipandu oleh Bu Irma.

Di pagi harinya, aktivitas diawali dengan melaksanakan salat tahajud dan murojaah surah Al-Waqiah, dilanjutkan melaksanakan salat subuh secara berjamaah. Kemudian, jam 05.30 anak anak jalan sehat dan melakukan bakti sosial di sekitar lingkungan desa Gumpang. Di akhir acara dilaksanakan upacara penutupan yang dipimpin oleh Ibu Desi Yulihapsari, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Dilanjutkan sambutan dari Bapak Mujibuddakwah, M.Pd. selaku Kepala Sekolah. Dalam sambutannya, Pak Mujib mengucapkan selamat kepada pengurus yang terpilih dan menyampaikan pesan, bahwa dengan mengikuti organisasi secara aktif akan mendewasakan diri dan bisa melatih jiwa kepemimpinan. Kegiatan ini harus diteruskan ketika di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ketika di SMP ini, berikan yang terbaik, berikan kesan yang terbaik.

Amanah kepemimpinan akan mencari orang-orang yang memiliki kualitas. Jalan kalian ke depan akan semakin berat. Jalin komunkasi tim, rutin rapat, agendakan kegiatan-kegiatan yang membangun korsa, semangat bersama dan sering jalin komunikasi. “Nahkoda terhebat itu tidak lahir di tengah air yang tenang. Nahkoda terhebat itu lahir di tengah ombak yang besar”, Ungkapnya.