Sabtu, 15 April 2023, siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura mengikuti kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) di sekolah. Kegiatan berlangsungHari itu merupakan hari terakhir pelaksanaan ASAJ mata pelajaran Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab. Setelah selesai mengikuti ujian dan salat Zuhur berjam’ah, siswa diberi waktu hingga Ashar untuk beristirahat dan mandi.

Selepas salat Ashar, kegiatan dibuka oleh Bapak Muhammad Rifqi Nugroho, M.Pd. selaku kepala SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura. Setelahnya, siswa mendapat pengarahan singkat seputar kegiatan serta menerima kartu Mutaba’ah. Kartu Mutaba’ah adalah kartu yang dimaksudkan untuk mengecek atau memantau capaian target ibadah (salat Dhuha, salat Rawatib, zikir pagi-petang, membaca Asmaul Husna, surat Al-Mulk, dan juga target tilawah) selama kegiatan berlangsung.

Pada pukul 16.00, siswa mengikuti kegiatan ice breaking yang dipimpin oleh Ibu Wardatul ‘Aini Ghonifyati, S.Sos. Setelah selama kurang lebih 1 jam bersenang-senang dengan bermain games bersama, siswa berkumpul dalam halaqah kecil sesuai kelompok yang telah dibentuk. Siswa mendapat penjelasan kembali mengenai target ibadah oleh masing-masing pendamping kelompok. Setiap kelompok wajib mengkhatamkan membaca Al-Qur’an satu kali. Kegiatan dilanjutkan dengan membaca Al-Qur’an hingga menjelang buka puasa.

Setelah azan Magrib berkumandang, seluruh peserta MABIT berbuka puasa bersama di halaman. Setelah salat Magrib berjama’ah, siswa bersama-sama membaca zikir petang, lalu dilanjutkan dengan salat Isya’ dan tarawih berjama’ah. Pada pukul 20.00, siswa bersiap di ruang serbaguna untuk mengikuti Spiritual Building Training (SBT) bersama Dr. H. Andi Kusuma Brata, SE, ST, MM, M.Si, M.Ch, Cht, seorang Mentor nasional sekaligus Master Trainer & Hypnotist. Kegiatan SBT ini sekaligus dimaksudkan sebagai salah satu persiapan spiritual siswa menuju ASAJ yang akan dilaksanakan kembali setelah lebaran.

Siswa beristirahat sejenak untuk menikmati makanan ringan dan susu kotak sebelum kembali ke halaqah masing-masing. Sekitar pukul 23.00, seluruh peserta bersama pendamping kembali menyelesaikan target ibadah. Beberapa kelompok terpantau telah menyelesaikan target termasuk khotmil Qur’an pada pukul 01.00. Bagi kelompok yang sudah selesai, diperkenankan untuk tidur, sementara yang lain tetap meneruskan tilawah hingga selesai.

Pada pukul 03.00, siswa dibangunkan untuk persiapan makan sahur bersama. Sambil menunggu azan Shubuh, siswa mengemas barang bawaannya dan merapikan kembali ruangan yang digunakan. Setelah salat Shubuh berjamaah, siswa membaca zikir pagi. Setelahnya, kegiatan diakhiri dengan evaluasi dan penguatan. Kegiatan berakhir dan siswa pulang pukul 05.30.